You are here: Home > Tips n Trick > Tips agar sistem tetap responsif

Tips agar sistem tetap responsif

Saya tidak merekomendasikan software apapun untuk mempercepat sistem (system tuning istilahnya) namun saya hanya menganjurkan melakukan hal-hal sederhana yang mungkin sering anda lewatkan.

– Jangan menginstal terlalu banyak program
Seberapa bagus spesifikasi komputer anda, kalau program yang and install terlalu banyak itu juga akan memperburuk kinerja sistem terutama saat startup. Solusinya, pilihlah program yang memiliki fungsi-fungsi rangkap misalnya program video converter yang bisa juga sebagai video editor, video cutter & joiner, audio converter, audio cutter, audio editor. Dengan contoh ini misalnya anda sudah menghemat 5 program bukan?

– Percayakan 1 tugas untuk 1 program saja
Contohnya dalam pemutar multimedia saja. Tidak akan dikatakan bagus jika anda memiliki segudang multimedia player di komputer anda. Cukup percayakan pada 1 program yang ringan saja, namun berkemampuan untuk memutar segala jenis file multimedia, mulai dari beragam format file musik hingga file video.

– Program besar belum tentu bagus
Banyak yang beranggapan program-program yang mengambil memori besar pasti lebih baik daripada program-program yang lebih kecil. Jangan pernah berpikir seperti itu. Install lah program yang membutuhkan memori yang kecil namun bermanfaat bagi anda. Tidak lucu kalau anda menginstall program ratusan MB hanya untuk melihat foto misalnya

– Jangan sering gonta-ganti program
Jika pekerjaan yang mengharuskan anda untuk mencoba beragam software, ada baiknya anda membuat “Windows” tersendiri untuk mengetes program tersebut. Komputer bisa mensupport 2 operating system yang berbeda pada 1 harddisk fisik. Hal ini untuk mencegah sampah-sampah dan pengaturan program tadi ke sistem yang cenderung menurunkan performa sistem anda

– Jangan terlalu sering mengubah pengaturan sistem, terutama dalam hal alokasi memori
Saya percaya bahwa sistem itu memiliki prosedur maintenance yang mandiri asalkan tidak di ganggu oleh faktor luar. Dengan kata lain, sistem akan semakin stabil ketika tidak ada perubahan berarti yang diterapkan padanya. Dengan penggunaan yang normal dan teratur, kecil kumungkinan terjadi penurunan dalam hal performance.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

Leave a Reply