You are here: Home > 5 Kasus Knowledge Management > Kasus LG electronics

Kasus LG electronics

Sekilas Tentang LG Group

LG Group adalah perusahaan konglomerat terbesar kedua Korea yang memproduksi elektronik, kimia, dan produk telekomunikasi. Anak perusahaan LG Group terdiri dari LG Electronics, LG Display, LG Telecom dan LG Chem , beroperasi di lebih dari 80 negara.

LG Group di dirikan oleh Koo dan Heo pada tahun 1947. Group ini memperluas ke peralatan rumah tangga pada 1958 di bawah nama Goldstar Electronics Co. (sekarang disebut LG Electronics), yang merupakan perusahaan elektronik pertama di negara tersebut.

Mengenai LG Electronics sendiri merupakan perusahaan elektronik global yang berkantor pusat di Yeouido, Seoul, Korea Selatan. LG Electronics adalah produsen televisi dunia terbesar kedua  dan produsen ponsel terbesar ketiga merupakan anak perusahaan unggulan dari LG Group, salah satu konglomerat terbesar di dunia elektronik.

Slogan LG adalah “The First” dan ” The Best” selalu menyertai LG Electronics. Setelah suskses memproduksi radio, berikutnya LG Electronics mengembangkan berbagai produk elektronik buatan Korea pertama, seperti telepon, televisi, lemari es, mesin cuci dan pendingin udara.

Pada tahun 1995, perusahaan ini berganti nama menjadi “LG”, singkatan dari “Lucky Goldstar”. LG juga memiliki nama domain LG.com

Penghargaan LG electronics

Pada tahun 2008, LG memenangkan 11 penghargaan desain red dot, penghargaan produk 11 iF desain, dan 13 Innovation Awards di CES, di mana PG6000 50-inch 1080p Plasma HDTV “Best of Video Display.“

Pada tahun 2009 LG telah memenangkan 15 penghargaan Desain & Teknologi di CES termasuk CES ‘Inovasi Terbaik‘ dalam Komunikasi Nirkabel Kategori LG Dare (VX9700) dan Rumah Tangga Kategori Pasangan Uap Laundry: SteamWasher dengan Allergiene Cycle dan SteamDryer (WM3001H). Tujuh 2.009 produk yang telah diberikan dengan penghargaan desain produk iF dan tujuh menerima penghargaan desain red dot.

Dua mesin cuci LG juga telah mencapai Asma dan Alergi Ramah Sertifikasi berdasarkan siklus Uap Allergiene. Para Asma dan Alergi Friendly Program Sertifikasi adalah ilmu berdasarkan tanda Sertifikasi yang diberikan untuk produk yang terbukti lebih cocok untuk mereka yang menderita asma dan alergi. Siklus Allergiene dari mesin cuci LG telah terbukti mampu mencapai suhu termal untuk membunuh tungau debu rumah, dan juga bahwa setiap hadir allergen akan dihapus berikut mencuci.

Baru-baru ini LG LUV300B Kompressor vacuum cleaner juga telah disertifikasi sebagai Asma dan Alergi Friendly. Pembersih vakum yang disertifikasi sebagai Asma dan Alergi Friendly telah teruji secara ilmiah kemampuan mereka untuk menghilangkan alergi dari karpet dan juga telah dinilai untuk generasi partikel selama menyedot.

Pada tahun 2010, LG Electronics mendapat penghargaan untuk Keunggulan dalam Desain dan Inovasi dalam 7 kategori dan “Inovasi Terbaik“ penghargaan dalam kategori Display Video untuk kelas 55-inch LED dramatis baru FULL HDTV dengan kemampuan 3D dan Internet.

Sekilas tentang LG Electronics Indonesia

PT. LG Electronics Indonesia (LGEIN) berdiri pada tahun 1990 dan melakukan merger secara resmi dengan PT. LG Electronics Display Devices Indonesia (LGEDI) pada tanggal 7 Januari 2006 dengan Lee – Kee Ju sebagai President Director-nya, hingga saat ini memproduksi beragam produk TV & Monitor di pabrik Cibitung dan Lemari Es di pabrik Tangerang, yang diperuntukkan bagi pasar domestik maupun ekspor.

Dengan didukung oleh 21 kantor cabang yaitu : Medan, Pekanbaru, Batam, Padang, Palembang, Jambi, Jakarta 1 & 2 & 3, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Jember, Kediri, Denpasar, Samarinda, Banjarmasin, Pontianak, Manado, Makassar, dan di tahun mendatang dipastikan akan terus bertambah jumlahnya.

Sedangkan untuk layanan pelanggan, saat ini LGEIN memiliki 160 jaringan service center (19 Direct Service Center, 10 Direct Service Station, 1 Showroom & Service Center Monitor, 17 LMSSC [LG Mobile Showroom & Service Center], dan 114 Consumer Product Authorized Service Center), hal ini sesuai dengan komitmen LGEIN untuk berusaha keras mendekatkan diri kepada para pelanggannya yang berada di berbagai daerah.

Sebagai perusahaan elektronik dunia, LG memiliki komitmen untuk memberi pelayanan paripurna bagi para pelanggannya, salah satu diantaranya sebagai perusahaan elektronika di Indonesia pertama yang memberi layanan telepon bebas pulsa (toll free) 0800-123-7777, kemudian layanan komunikasi melalui internet yaitu http://id.lgservice.com, serta layanan “No Holiday Service” yang siap melayani setiap hari selama setahun tanpa libur. Inovasi terbaru akan selalu dilakukan LG Electronics untuk membuat hidup lebih mudah.

Rencana LG Electronics untuk Memanfaatkan Teknologi ARM untuk HDTV Generasi Digital

Mengingat permintaan lebih tinggi untuk kemampuan yang lebih besar di pasar TV digital saat ini, LG Electronics, produsen TV digital yang terkenal baru saja mengumumkan rencana untuk lisensi teknologi ARM untuk digunakan pada produk digital TV generasi berikutnya.

Pengumuman lebih lanjut mengungkapkan bahwa perusahaan Korea akan memanfaatkan teknologi multicore prosesor ARM11 MPCore yang memberikan solusi efisien termal tinggi dengan inti ganda yang mampu memberikan kinerja yang serupa tanpa clocking inti untuk kecepatan maksimum. Pada saat yang sama, menggunakan baik Mali ARM-200 atau Mali-400 MP prosesor grafis yang dapat meningkatkan percepatan hardware decode sampai dengan resolusi HD 1080p penuh dengan pengalaman visual yang menyenangkan di ruang tamu.

Ketersediaan belum ada rencana, upaya kolaborasi akan mampu mempromosikan platform TV lebih kuat digital yang sedang ditingkatkan dengan penuh kemampuan Web 2.0 untuk berbagi media digital dan layanan internet streaming konten secara langsung ke rumah digital, tanpa menyulitkan desain sistem secara keseluruhan sementara dapat mempercepat TTM (Time-to-Market) strategi dengan dukungan eko-mitra kaya.

LG Electronics dan Synerchip Mengumumkan Kolaborasi DiiVA Broad

Pihak untuk Berkolaborasi pada Rollout dan Promosi Teknologi DiiVA

Pada malam Konsumen 2011 International Electronics Show (CES) global elektronik konsumen pemimpin LG Electronics (LG) dan rumah hiburan jaringan penyedia solusi Synerchip Co, Ltd mengumumkan kolaborasi luas untuk membawa Digital Interaktif Interface untuk Video & Audio ™ (DiiVA ™ ) fungsionalitas untuk pasar dalam array yang luas dari TV canggih dan elektronik konsumen lainnya (CE) perangkat. Para pihak akan bekerja sama untuk mengembangkan dan mempromosikan arsitektur hiburan rumah dimungkinkan oleh DiiVA yang memiliki pengalaman pengguna yang konsisten dan personal di CE platform berganda untuk drive “N-layar” konvergensi.

Synerchip akan fokus pada standarisasi middleware DiiVA dan API terkait untuk mengaktifkan akuisisi konten, manajemen dan kontrol yang mengarah ke pengalaman menonton pribadi, serta pengembangan pendukung navigasi berbasis konten dan aplikasi kontrol yang mendorong konvergensi N-layar. Sebagai imbalannya, LG akan menerapkan DiiVA luas di beberapa kategori pada perangkat dan berkolaborasi dengan Synerchip pada pengembangan baru DiiVA-fitur diaktifkan untuk produk CE generasi mendatang. Akhirnya, para pihak bermaksud untuk bekerja sama dalam memajukan hardware DiiVA dan standar perangkat lunak untuk produk masa depan serta bersama-sama mempromosikan DiiVA kepada mitra ekosistem utama, termasuk film besar dan media TV perusahaan, operator TV-berbayar, penyedia layanan dan operator selular sebagai enabler kunci rumah generasi berikutnya hiburan arsitektur.

“Pelanggan kami menuntut pengalaman pengguna baru yang menempatkan array konten hiburan dari berbagai sumber di ujung jari mereka dan ternyata mereka yang semakin koleksi perangkat yang terhubung ke jaringan hiburan rumah benar,” kata IG Kwon, vp Home Hiburan Divisi LG Electronics. “Kami berharap dapat menyebarkan DiiVA luas seluruh produk kami yang canggih elektronik konsumen sebagai teknologi yang memungkinkan kunci untuk mewujudkan visi ini bagi pelanggan kami.”

David Lee, CEO Synerchip, menambahkan, “Kami berkomitmen untuk menyediakan solusi berbasis DiiVA yang akan memungkinkan LG untuk memberikan pengalaman hiburan baru berdasarkan prinsip-prinsip navigasi berbasis konten dan real-time, menonton TV personalisasi yang akan menjadi differentiators kunci untuk produk LG. ”

LG DiiVA-TV diaktifkan menggunakan semikonduktor Synerchip’s & solusi perangkat lunak akan diresmikan pada ekosistem hiburan rumah di stan CES DiiVA Licensing LLC, LVCC Hall South # 21225.

Analisis SWOT LG electronics

STRENGHTS
1. Semua yang dilakukan LG dipandu oleh panduan moral yang memastikan
keadilan, menghormati semua stakeholder dan transparansi sepenuhnya.
2. Meliputi beragam bisnis yang memanfaatkan kecepatan, kreatifitas, dan
efisiensi untuk menemukan, mengembangkan dan memasarkan produk yang
menentukan hidup kita saat ini.
3. Orang-orang LG yang berdedikasi akan terus menghadapi banyak tantangan
dan memberikan ide-ide kreatif untuk mengembangkan produk dan layanan yang
memimpin pasar.
4. Inovasi adalah kunci utama dari LG.
5. Aktifitas R&D tidak hanya memperluas pandangan, namun mereka juga membukakan
jalan bagi kelanjutan teknologi terkini dibidang digital elektronik.
6. Memberi kesempatan yang sangat luas bagi orang-orang untuk mencapai potensi
mereka sepenuhnya.
7. Upaya Kewarganegaraan Samsung meliputi banyak bidang dalam kehidupan
masyarakat, termasuk kesejahteraan sosial, kebudayaan dan seni, pelayanan
sukarela, akademik dan pendidikan, perlindungan lingkungan, dan pertukaran
internasional.
8. Menciptakan image produk yang bertahan lama dimata konsumen
9. Ramah lingkungan, hemat energi dan air, mengurangi polusi dan mengeliminasi
bahan beracun.
10.Inovasi diciptakan dengan mengadaptasi teknologi baru, lebih dulu daripada
pesaing.
11. Nilai merek yang tinggi
12. Diversifikasi lini produk dan produk campuran
13. Kegiatan penelitian dan pengembangan

WEAKNESSES:
1. LG harus terus menerus memaintain semua biaya untuk tetap sukses
2. Investasi tinggi pada aktivitas R&D (menginvestasikan paling sedikit 9% dari
pendapatan penjualan pada aktivitas R&D).
3. LG belum memiliki jaringan penjualan dan pelayanan yang sebanding dengan
pesaingnya.
4. Samsung belum memiliki banyak pengalaman pada Televisi berteknologi tinggi
pada segmen tersebut.
5. Samsung tidak memiliki strategi marketing, masalah penyebaran produk akan
meningkat
6. Berkurangnya profitabilitas karena terlalu banyak pegawai dengan fasilitas
luar biasa
7. Kualitas Produk.Dalam beberapa kasus, LG produk belum yang terbaik
dalam kualitas, ada beberapa kasus ketika mereka recalled produk mereka.

OPPORTUNITIES:
1. Era digital yang terus berkembang
Salah satu pemimpin yang diakui dunia di industri teknologi digital
2. LG memiliki program yang memperkuat pikiran dan mendorong kreativitas
generasi muda
3. Berdasarkan data yang didapat, 28% dari 220 juta rumah tangga memiliki
televisi berwarna.
4. Jaringan penelitan dan pengembangan meliputi enam pusat LG di Korea dan 8
lainnya di sembilan negara lain, termasuk Amerika Serikat, Inggris, Rusia,
Israel,India, Jepang, Cina serta pusat-pusat penelitian dan perguruan tinggi
lainnya. Pusat-pusat ini ditugaskan untuk merekrut bakat-bakat terhebat di
tingkat lokal, meneliti tren-tren teknologi lokal terbaru, dan mewujudkan
teknologi-teknologi yang menawarkan keuntungan terbesar.
5. Sponsor.
Beberapa tahun terakhir, LGE telah dikaitkan dengan sejumlah besar
olahraga Sponsor global, khususnya di Eropa.
6. Peningkatan konsumsi dari produk elektronik.
Menurut data baru dari Consumer Electronics Association (CEA) dan
Kelompok GFK, pasar elektronik konsumen akan tumbuh hampir 10
persen tahun ini, hampir $ 700 milyar di seluruh dunia, khususnya di negara-
negara berkembang cepat, seperti Brazil, Cina, dan India.

THREATS:
1. Lingkungan bisnis yang sangat tidak pasti dan pasar yang semakin kompetitif
Jika perusahaan tetap diam, akan mudah ketinggalan jaman
2. Konsumen memiliki banyak pilihan.
3. Kompetisi intens pada pasar televisi berwarna
4. Produk harga premium tidak akan dijual dengan jumlah yang banyak, maka akan
timbul masalah harga
5. Jika LG gagal untuk sukses di pasar china dengan produk berteknologi
tingginya, hal itu akan diketahui oleh seluruh dunia. Ketika teknologi-
teknologi baru secara terus menerus diperkenalkan ke pasar, kecepatan
menjadi sangat penting agar tetap dapat bersaing dalam era digital saat
ini, dan pasar-pasar baru harus dirintis secara terus menerus
6. Krisis keuangan global

STRATEGI SWOT

1. Strengths Opportunities Strategies
* Investasi pada R&D
* Melakukan akuisisi untuk berkembang
* Memperkenalkan merek untuk pertumbuhan usaha dan perluasan pasar

2. Weakness Opportunities Strategies
* Pangsa pasar baru untuk meningkatkan profitabilitas
* Menaikkan margin inovasi produk untuk mengendalikan keuntungan
* Akuisisi teknologi baru untuk inovasi
* Memenuhi kebutuhan konsumen dan menjual produk berkuallitas dunia

3. Weakness Treaths Strategies
* Diferensiasi untuk menghindari komoditas pasar yang serupa
* Diversifikasi ke pangsa pasar baru
* Investasi pada merek dan program loyalitas pelanggan

4. Strengths Treaths Strategies
* Memperkenalkan merek untuk diferensiasi
* Fokus pada inovasi untuk menaikkan margin penjualan

Seperti terlihat diatas, pertumbuhan(growth), ekspansi pada pasar, investasi pada
inovasi dan riset dan strategi diferensiasi untuk strategi dimasa mendatang.

1. Pertumbuhan (growth)
Berdasar pada kekuatan kapitalisasi pasar, akses keuangan dan merek yang kuat,
LG harus secara agresif membuat pertumbuhan melalui cara yang beragam,
seperti ekspansi internasional, ekspansi regional, dan ekspansi melalui
memastikan LG dapat melewati kondisi ekonomi sebagai perusahaan yang
dominan di kelas dunia dan sebagai pemain terkuat disetiap tempat
operasionalnya.

2. Diferensiasi
Dengan alasan untuk menghindari tekanan profitabilitas dan memastikan tidak
berkompetisi pada level rendah pasar, LG harus lebih kuat pada investasi
di bidang R&D dan juga kemungkinan untuk menambah nilai atau akses untuk
mengurangi jurang teknologi melalui akuisisi. Hal ini akan membuat LG
memiliki profitabilitas lebih baik dan juga akan menambah nilai pasar pada
permintaan.

3. Fokus teknologi informasi
Untuk memastikan target pasisi dan juga produk untuk memenuhi kebutuhan
konsumen, LG harus memperluas teknoligi informasi untuk memuaskan yang
terbaik kebutuhan konsumen. Ini akan memperkuat kekuatan pada presentasi pasar
yang besar dan pelanggan tahu bagaimana untuk mencegah profitabilitas yang
rendah dan mendapat tingkat kepuasan yang tinggi.

4. Merek dan loyalitas konsumen
Untuk memerangi kompetisi dan menik mati posisi utama yang dapat memperbaiki
margins, LG harus berinvestasi pada merk dan program loyalitas pelanggan
yang membuat LG menjadi pilihan pertama ketika pelanggan ingin membeli
sesuatu.
Dan juga, loyalitas pelanggan merupakan peran penting pada kondisi ekonomi seperti
ini dan akan menolong konsumen untuk memilih LG daripada merk lainnya.

IMPLEMENTASI DAN EVALUASI

LG menjadi merek yang dikenal dan menjadi salah satu saksi mata dari
cepatnya pertumbuhan, tanpa keraguan LG memiliki sistem informasi terbaik
yang tidak hanya akan mengizinkan strategi organisasional tapi juga memilliki
fitur yang akan memberi feedback dan kemampuan laporan pada basis waktu
sebenarnya yang akan membuat LG tetap dekat dengan interval kebutuhannya
pada strategi dan target sehingga dapat memonitor dan membuat perubahan penting
ketika dibutuhkan.
Namun untuk dapat mengukur faktor strategi, pemanfaatan dari balance scorecard
direkomendasikan, yang akan mendekati prosedur strategi, keuangan dan kontrol
operasional sehingga dapat mengevaluasi peningkatan strategi.
Asset utama LG adalah karyawannya. LG dapat berinvestasi dengan
cara memberi reward pada mereka yang memiliki prestasi baik untuk memotivasi
karyawan mencapai tujuan strategi secara optimal.

sumber:

http://www.mydigitallife.info/2009/06/22/lg-electronics-plans-to-leverage-on-arm-technology-for-its-next-generation-digital-hdtvs/

http://www.finanznachrichten.de/nachrichten-2011-01/18995634-lg-electronics-and-synerchip-announce-broad-diiva-collaboration-004.htm

http://kiekie-myblog.blogspot.com/2010/03/analisis-swot-lg-electronics.html

http://www.lg.com/id

http://en.wikipedia.org/wiki/LG_electronics

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

Leave a Reply