You are here: Home > Tugas Pribadi > Tugas 6

Tugas 6

Pertanyaan

  1. Dari setiap stakeholder yang terkait dengan perusahaan, berikan paparan anda knowledge apa saja yang bisa kita integrasikan dalam Knowledge Management perusahaan (lebih baik dalam bentuk contoh).
  2. Berikan paparan dalam menyusun team yang diperlukan dalam membangun sebuah KM. Jelaskan fungsi dan peran dari pemilihan anggota team dan dasarnya
  3. Berikan usulan anda yang jelas untuk membangun kebiasaan sharing di budaya indonesia. Usulan bisa dalam kontek masyarakat, pendidikan, organisasi atau perusahaan.
  4. Berikan paparan perbedaan dan hubungan antara 4 perspektif yang ada dalam Balance Scorecard. Sertakan dengan contoh !!
  5. Apa saja isi dari sebuah KM yang menurut anda diperlukan oleh perusahaan di Indonesia, berikan alasannya.

Jawaban

1. Knowledge yang bisa kita integrasikan dalam Knowledge Management perusahaan antara lain :

-Product knowledge

Merupakan Knowledge yang berhubungan dengan produk yang akan dikeluarkan, atau ada di perusahaan tersebut. Knowledge ini mencakup penelitian, pengembangan, serta pengoprasian knowledge itu sendiri. Knowledge ini merupakan knowledge yang berperan dalam pembentukan program sampai proses release sebuah produk.Contohnya adalah: cara membuat produk agar dapat berjalan dengan fungsi secara stabil.

– Customer knowledge

Knowledge yang berhubungan dengan customer, yaitu tentang kebutuhan customer, referensi, serta habitual dari para konsumer. Knowledge ini sangat penting, karena menentukan apa product yang akan dibuat dan dipasarkan, terutama pada era new wave saat ini. Contohnya adalah, pendekatan ke customer tentang apa yang dia butuhkan.

-Managerial knowledge

Knowledge yang berkaitan dengan hal yang berkaitan dengan knowledge yang dibutuhkan dalam memimpin sebuah unit di dalam perusahaan. Knowledge ini biasa dimiliki oleh mangerial perusahaan. Contohnya adalah, pengambilan keputusan yang akan diambil oleh Manager untuk menentukan langkah yang akan diambil unit satuan kerja.

2.      Penyusunan team dalam membangun sebuah KM adalah berdasarkan background masing-masing individu, kemampuannya dan pengalamannya. Aspek ini harus didukung oleh kemampuan sumber daya manusia dalam menganalisa kemampuan dan kapabilitas individu. “The right man on the right place” merupakan slogan yang paling tepat untuk menggambarkan penyusunan team yang ada di perusahaan.

3.      Membangun sharing knowledge di Indonesia tidak sesulit dahulu, karena segala kebutuhan dan teknologi sudah banyak berkembang di Indonesia. Hal yang perlu dilakukan adalah, implementasi dan pengelanan terhadap teknologi yang diperlukan untuk dapat share knowledge, dari level operasional hingga managerial. Proses syncronisasi teknologi pada para karyawan perusahaan harus dilakukan secara intensif, agar sharing knowledge dapat berjalan dengan sempurna. Begitu pula dengan key worker yang memiliki banyak Knowledge untuk disharing, diharapkan lebih sering mengadakan training di perusahaan. Perusahaan menfasilitasi kegiatan training kepada para karyawannya, dan memberikan berupa reward agar key worker tersebut mau untuk sharing knowledgenya, karena di Indonesia sharing knowledge masih sangat sulit karena faktor individunya itu sendiri yang sulit untuk berbagi, dikarenakan mindset mereka yang sukar untuk share knowledge, dikarenakan takut tersaingi.

4.      4 Perspektif yang ada dalam Balance Scorecard yaitu:

a. perspektif keuangan

tidak hanya melihat laba namun juga value of company

b. perspektif customer/pelanggan

dapat dikatakan bahwa nyawa dari perusahaan adalah pelanggan

c. perspektif internal business process

untuk meningkatkan customer satisfication dalam hal speed (time) dan quality

d. perspective learning and growing

pastikan karyawan merasa puas, dan company lisence

5.      Menurut saya KM yang sangat diperlukan karena :

Sekarang semakin kompleksnya produktivitas operasional dalam semua kegiatan dunia usaha, maka sebuah perusahaan harus meningkatkan kinerja untuk menunjang dan memperlancar proses bisnis dan administratif lainnya.

Karena itu, perusahaan tidak lagi hanya bergantung pada modal finansial saja, tetapi juga pada Knowledge (pengetahuan). Dalam perusahaan yang menerapkan KM, sebuah sistem akan berjalan dengan sendirinya untuk mengatur pengetahuan para karyawannya. Sistem KM akan membuat knowledge workers, para pelanggan, dan staf pendukung serta sistem-proses dalam perusahaan saling berinteraksi secara simultan, integratif, dan konsisten. Bukan itu saja. Secara internal, diantara knowledge workers pun akan terjadi interaksi dalam bentuk sharing ataupun diskusi. Begitu juga diantara pelanggan, serta staf pendukung dan sistem-prosesnya.
Knowledge Management (KM) menjadi suatu kebutuhan bagi suatu perusahaan. Perusahaan sangat memerlukan KM untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia (SDM) mereka, agar mampu memberikan solusi bagi keputusan yang akan diambil. Semakin unggul pengetahuan suatu perusahaan dan sumber daya manusianya (SDM) maka akan semakin tinggi daya saing perusahaan di pasar global
Maka dari itu KM digunakan untuk meningkatkan performa seseorang atau organisasi, dengan cara mengatur dan menyediakan sumber ilmu yang ada saat ini dan yang akan datang dan merupakan suatu cara yang menerapkan integrasi antara teknologi dengan sumber pengetahuan yang kompeten.

Alasan lainnya adalah untuk memudahkan proses belajar karyawan untuk meningkatkan kinerja karyawan. Inti dari KM adalah me-manage intellectual capital dan intellectual assets “milik” perusahaan dan digunakan untuk meningkatkan performance perusahaan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

Leave a Reply