You are here: Home > Tugas Pribadi > Tugas 4

Tugas 4

Pertanyaan

  1. Jelaskan beda dari 3 knowledge goal yang ada (Stretegic, operational, normatif)
  2. Jelaskan perbedaan antara knowledge identification dan knowledge acquisition
  3. Jelaskan beda dari 3 pendekatan dalam knowledge identification (Struktural, activities, behavioral)
  4. Jelaskan bagaiman cara menghasilkan fitur dengan melihat dari knowledge goal dan knowledge identification
  5. Apa itu knowledge map ? berikan contohnya ? Untuk tipe knowledge seperti apa (lihat pertanyaan nomor 3) yang cocok untuk knowledge map, berikan penjelasannya

Jawaban

1.   Knowledge Goal dibagi menjadi 3 bagian, yaitu :

-Strategic

Merupakan pendekatan strategis yang biasa dilakukan perusahaan atau organisasi dalam melakukan implementasi Knowledge Management, dan segala pertimbangan strategis yang dimaksudkan untuk mempermudah perusahaan menentukan strategi yang layak atau tidak.

– Operational

Merupakan goal yang berupaya untuk menjaga agar perlaksanaan Knowledge Management berjalan dengan tujuan yang telah disepakati. Salah satu contohnya adalah monitoring dari pelaksanaan Knowledge Management , dan proses share knowledge antar karyawan di suatu organisasi

– Normatif

Pendefinisian, penentuan, pengidentifikasian tujuan-tujuan, dan pembuatan kesepakatan dari knowledge yang akan dicapai suatu organisasi yang ditujukan dalam suatu visi dan misi knowledge.

2.   Knowledge Identification merupakan proses identifikasi dari dalam suatu perusahaan, dimana hal tersebut dimaksudkan untuk mencari Knowledge yang ada, serta kelebihan dan kekurangannya, dimana hal tersebut dimaksudkan agar dapat mengetahui perlakuan yang tepat untuk organisasi tersebut. Sedangkan Knowledge Acquisition adalah proses adopsi knowledge dari pihak luar perusahaan, dimana hal tersebut terkadang diperlukan untuk menutupi kekurangan yang ada diperusahaan setelah proses knowledge identification.

3.   Knowledge Identification memiliki 3 pendekatan , yaitu:

– Pendekatan structural adalah proses identifikasi Knowledge terhadap struktur perusahaan tersebut yang telah ada, dan pada tiap masing-masing pekerjaan

– Pendekatan activities merupakan pendekatan yang lebih mengarah kepada fungsi tiap individu, dan dilihat detail pekerjaannya.

– Pendekatan behavioral, yaitu pendekatan dari sisi budaya organisasi, dan hal-hal yang ada di dalamnya. Contohnya adalah pola kerja pada suatu kantor, dan prinsip-prinsip yang diterapkan ketika bekerja, dan lainnya.

4.   Cara untuk menghasilkan fitur dengan melihat dari knowledge goal dan knowledge identification adalah, dengan membahas tentang apa tujuan dan goal dari perusahaan tersebut, kemudian melakukan sinergi dengan hasil knowledge identification. Jika dari sinergi tersebut didapatkan kesamaan, maka dapat dilihat bahwa proses pelaksanaan knowledge identification dan knowledge goal sudah sejalan, demikian sebaliknya jika tidak sejalan, maka perlu adanya Identifikasi lebih lanjut dan penyelarasan goal agar lebih terarah.

5.   Knowledge Map adalah suatu gambaran pemetaan akan suatu organisasi berdasar knowledge, dan potensi SDM yang dimiliki oleh suatu organisasi tersebut, dan merupakan tampilan visual dari informasi yang terdapat di suatu perusahaan. Pemetaan knowledge lebih cenderung dilakukan  terhadap tipe knowledge activities dimana hal tersebut dikarenakan fungsi personal lebih terlihat.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

Leave a Reply