You are here: Home > Tugas Pribadi > Tugas 3

Tugas 3

Pertanyaan

1. Apa beda tacit knowledge dan explisit knowledge

2. Bagaiman proses transfer diantara kedua knowledge tersebut pada orang-orang yang ada di organisasi

3. Jelaskan beda dan struktur perubahdan dari data, informasi dan knowledge

4. Jelaskan beda, maksud dan isi dari 3 model dasar Knowledge management (People, process dan technology)

5. Jelaskan core process dari KM ?

Jawaban

  1. Tacit Knowledge dan Explisit Knowledge berbeda dalam berbagai hal, terutama tentang dimana knowledge tersebut disimpan. Pada Tacit knowledge, informasi yang terdapat pada knowledge tersebut berkaitan dengan intuisi, insting, maupun personal dari tiap individu, sehingga knowledge tersebut sulit untuk di share secara sistematis dan knowledge tersebut tidak dapat di dokumentasikan dengan sempurna (contoh : Strategi pelatih tim bola, maupun teknik individu pemainnya), berbeda dengan explicit knowledge, dimana knowledge tersebut terdokumentasi dengan baik dalam media (contoh : teknik sulap yang di dokumentasi tertulis maupun media video).
  2. Transfer knowledge pada tacit dan explicit jelas berbeda, yaitu untuk tacit, share knowledge dilakukan dengan cara Socialization, yaitu dengan Tacit to Tacit, karena tacit knowledge sukar untuk di share atau didokumentasikan. Share juga dapat dilakukan secara personal, maupun seperti training di organisasi, yaitu dengan mencontohkan, atau praktek langsung. Sedangkan Explicit knowledge, share knowledge dapat dilakukan dengan cara menyebarkan knowledge tersebut yang telah terdokumentasi, karena explicit knowledge mudah untuk di dokumentasi.
  3. Data merupakan suatu fakta yang terstruktur, dan dapat dikatakan adalah sebuah object ataupun suatu hal dan aspek tertentu. Contoh data adalah sebagai berikut: Hasil Penjualan IBM bulan ini sebesar 300 Milyar. Sedangkan informasi adalah, hasil pengolahan data yang memberikan gambaran jelas dan dinamis tentang suatu aspek tertentu, contohnya adalah sebagai berikut: Hasil Penjualan IBM bulan lalu 200 Milyar, bulan ini 300 Milyar, maka dari dua data tersebut, didapat informasi bahwa IBM mengalami kenaikan profit sebesar 100 Milyar. Informasi merupakan suatu hal yang dapat dijadikan suatu intelegence, yang mana hal itu dapat terkonversi menjadi Knowledge. Knowledge adalah interpretasi dan integrasi dari sebuah informasi.
  4. People adalah faktor utama yang menentukan keberhasilan Core Knowledge Management. Sumber Daya Manusia merupakan salah satu factor yang tidak boleh dilihat sebelah mata , karena itu merupakan suatu factor yang mempengaruhi Knowledge Management. Penyebaran informasi dan share knowledge sangat penting dibangun untuk meningkatkan performa dalam suatu organisasi. Proses adalah suatu sistem pengintegrasian dan implementasi Knowledge dari People ke dalam Technology, agar bisa tersinergi dengan baik. Proses mempunyai alur, yaitu indentifikasi, membangun, menyebarkan, menggunakan, mengevaluasi , memelihara dan memperbaiki dan juga melakukan pengembangan dari Knowledge management. Technology adalah suatu aspek support yang mendukung dalam proses share knowledge, dan impelemntasinya.
  5. Core Process dari knowledge management adalah sebagai berikut:

-Knowledge Identification : Analisa dan identifikasi resource dari perusahaan secara internal, maupun pihak terkait yang berhubungan dengan perusahaan tersebut.

-Knowledge Acquistition : Proses analisa sisi luar perusahaan dilihat dari factor knowledge, dimana sisi tersebut dapat dijadikan bagian resource pendukung dari perusahaan.

-Knowledge Development : Pengembangan dan pembangunan fitur dan saran untuk mengolah Knowledge, dimana proses ini dilakukan setelah proses Identification dan Acquistition.

-Knowledge Sharing : Transfer knowledge, hal ini dimaksudkan agar knowledge yang terdapat dalam suatu perusahaan tidak hilang karena berbagai factor, contohnya adalah kehilangan keyworker. Proses ini wajib dilakukan agar proses integrasi KM disuatu perusahaan dapat berjalan sebagai mestinya, dan performa perusahaan akan meningkat.

-Knowledge Utilization : Proses yang dilakukan untuk memastikan bahwa knowledge yang sudah ada dalam suatu perusahaan tersebut digunakan secara produktif dan terintegrasi dengan baik untuk menghasilkan keuntungan bagi perusahaan.

-Knowledge Retention : Proses yang dilakukan untuk memastikan bahwa Knowledge pada perusahan tersebut tidak hilang, dan semua sumber daya yang ada menggunakan dan mengintegrasikan Knowledge dengan baik.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

Leave a Reply