You are here: Home > Knowledge Management > Mengapa perusahaan sangat membutuhkan Knowledge Management (KM)

Mengapa perusahaan sangat membutuhkan Knowledge Management (KM)

Sekarang semakin kompleksnya produktivitas operasional dalam semua kegiatan dunia usaha, maka sebuah perusahaan harus meningkatkan kinerja untuk menunjang dan memperlancar proses bisnis dan administratif lainnya.

Karena itu, perusahaan tidak lagi hanya bergantung pada modal finansial saja, tetapi juga pada Knowledge (pengetahuan). Dalam perusahaan yang menerapkan KM, sebuah sistem akan berjalan dengan sendirinya untuk mengatur pengetahuan para karyawannya. Sistem KM akan membuat knowledge workers, para pelanggan, dan staf pendukung serta sistem-proses dalam perusahaan saling berinteraksi secara simultan, integratif, dan konsisten. Bukan itu saja. Secara internal, diantara knowledge workers pun akan terjadi interaksi dalam bentuk sharing ataupun diskusi. Begitu juga diantara pelanggan, serta staf pendukung dan sistem-prosesnya.
Knowledge Management (KM) menjadi suatu kebutuhan bagi suatu perusahaan. Perusahaan sangat memerlukan KM untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia (SDM) mereka, agar mampu memberikan solusi bagi keputusan yang akan diambil. Semakin unggul pengetahuan suatu perusahaan dan sumber daya manusianya (SDM) maka akan semakin tinggi daya saing perusahaan di pasar global
Maka dari itu KM digunakan untuk meningkatkan performa seseorang atau organisasi, dengan cara mengatur dan menyediakan sumber ilmu yang ada saat ini dan yang akan datang dan merupakan suatu cara yang menerapkan integrasi antara teknologi dengan sumber pengetahuan yang kompeten.

Alasan lainnya adalah untuk memudahkan proses belajar karyawan untuk meningkatkan kinerja karyawan. Inti dari KM adalah me-manage intellectual capital dan intellectual assets “milik” perusahaan dan digunakan untuk meningkatkan performance perusahaan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

Leave a Reply